Akhir Mei Ini Pembangunan Tahap Kedua Masjid 99 Kubah CPI Dimulai


MAKASSAR
,  Pembangunan megaproyek Masjid 99 Kubah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) terus digenjot. Pembangun tahap II direncanakan bakal dimulai akhir Mei mendatang.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel (SDA CK-TR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang menjelaskan, pembangunan tahap dua Masjid 99 Kubah tengah memasuki proses lelang tender dengan alokasi anggaran mencapai Rp71 miliar dari APBD Sulsel.

Semaksimal mungkin, kata dia, pemenang lelang tender direncanakan akan diumumkan pekan depan yang disertai dengan penandatanganan kontrak pengerjaan. Perampungan lelang tender diproyeksikan rampung akhir Mei.

"Sejak itulah dimulai konstruksinya selama 7 bulan," ujar Darmawan Bintang kepada SINDOnews, belum lama ini.

Dia menjelaskan, pembangunan Masjid 99 Kubah memang dikerjakan sebanyak tiga tahap. Secara keseluruhan memakan anggaran sebanyak Rp170 miliar.

Untuk tahap I dengan anggaran tahun 2017 berkisar Rp60 miliar khusus untuk pembangunan 42 kubah kecil dan 1 kubah utama. Lalu, tahap dua mencapai Rp71 miliar. Dan sisanya akan berlanjut di tahun 2019 untuk tahap finishing.

"Kan 99 kubah. Ini masih ada yang belum selesai. Kubah sekitar 50-an yang akan kita bangun lagi di 2018. Termasuk kubah-kubah kecil di bagian bawah. Insya Allah, tahun ini rampung semua konstruksi kubah," tegas dia.

Untuk anggaran tahap dua tersebut nantinya, akan digunakan untuk penyelesaian kubah masjid sebanyak 50 kubah. Selain perampungan konstruksi kubah, juga untuk pengerjaan interior masjid, dinding, plafon, lantai, tempat wudhu, hingga pembangunan parkir basement.

"Jadi bagian internal masjid, termasuk lantai dikerjakan tahun ini di tahap dua. Bukan parkir luar, ya. Tapi parkir basement. Insya allah 2018 sudah tertutup semua (kubah), termasuk lantainya," jelasnya lagi.
Share on Google Plus

0 comments:

Posting Komentar